Sabtu, 13 Juli 2013

Syarat Wajib dan Syarat Sahnya Shalat

| Sabtu, 13 Juli 2013 |

Syarat Wajib dan Syarat Sahnya Shalat - Syarat wajib shalat adalah segala sesuatu yang wajib dipenuhi sebelum mengerjakan shalat. 

Syarat wajib shalat adalah sebagai berikut.
a. Beragama Islam, Orang yang bukan Islam tidak diwajibkan salat.

b. Berakal sehat, Orang gila atau orang yang dalam keadaan mabuk tidak diwajibkan salat.

c. Akil balig atau sudah dewasa, Batas laki-laki telah dewasa adalah berusia 15 tahun dan disertai mimpi basah, sedangkan batas perempuan akil balig yaitu telah mencapai usia 9 tahun atau ditandai dengan keluarnya haid.

Syarat sah shalat, yaitu segala sesuatu yang harus dipenuhi dan disempurnakan sebelum mengerjakan shalat. Syarat sah shalat itu terdiri atas hal-hal berikut.

a. Suci dari hadas besar dan hadas kecil. Menghilangkan hadas besar yaitu dengan mandi dan menghilangkan hadas kecil, yaitu dengan wudhu, sesuai hadis riwayat Abu Hurairah r.a. dari Rasulullah Saw., beliau bersabda: “Shalat salah seorang di antara kalian tidak akan diterima apabila ia berhadas hingga ia berwudu” (Shahih Muslim No.330).

Suci dari hadas besar dan hadas kecil membuat tubuh kita bersih. Ingatlah bahwa kebersihan adalah pangkal kesehatan. Tubuh yang bersih membuat kita lebih sehat dan bugar.

b. Suci badan, pakaian, dan tempat dari najis.

c. Menutup aurat. Aurat laki-laki antara pusar dan lutut, sedangkan aurat perempuan seluruh badannya, kecuali muka dan telapak tangan.

d. Sudah tiba waktu shalat.

e. Menghadap ke kiblat

 
© Copyright 2013 Panduan Shalat Lengkap