Sabtu, 13 Juli 2013

Bacaan dan Gerakan dalam Shalat

| Sabtu, 13 Juli 2013 |

Bacaan dan Gerakan dalam Shalat - Nah, sekarang kita akan mempraktikkan shalat.Apakah anda sudah hafal bacaan dan gerakan shalat? Ayo, perhatikan bacaan dan gerakan salat berikut. Ingat, salat itu harus dilakukan dengan khusyuk, tertib, dan tuma’ninah. Selain itu, bacaan dan gerakannya pun harus dilakukan dengan baik.

1. Niat Shalat

Gerakan yang pertama, yaitu berdiri menghadap kiblat dan mengucapkan niat mengerjakan shalat. Niat shalat disesuaikan menurut salat yang akan dikerjakan. Niat shalat itu diucapkan di dalam hati.

2. Takbiratul Ihram

Takbiratul ihram dilakukan dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga sambil mengucapkan "Allahu Akbar = Allah Maha Besar".

3. Membaca Doa Iftitah

Setelah takbiratul ihram, kedua tangan diletakkan di antara pusat dan dada, dengan tangan kanan di atas punggung tangan kiri. Kemudian membaca doa iftitah. Perhatikan doa iftitah berikut.

"Allahu akbaru kabira wal wamdu lillahi katsira wa subhanallahi
bukrataw waasyila. Inni wajjahtu wajhiya lilladzi fatarassamawati wal arda hanifam
muslimaw wama ana minal musyrikin. Inna salati wanusuki wa mahyaya wa mamati lillahirabbil ‘alamin. La syarika lahu wa bidzalika umirtu wa ana minal muslimina."


Artinya : "Allah Maha Besar lagi sempurna kebesarannya, segala puji bagi Allah dan Maha Suci Allah sepanjang pagi dan sore. Ku hadapkan muka dan hatiku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan berserah diri dan aku bukanlah dari golongan kaum musrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah karena Allah, Tuhan semesta alam. Tidak ada sekutu bagiNya, demikianlah aku diperintah dan aku termasuk golongan orang-orang muslim."

4. Membaca Surah Al-Fatihah

Setelah membaca doa iftitah, kemudian diteruskan membaca Al-Qur‘an surah al-Fatihah.

Setelah membaca surah al-Fatihah dalam rakaat pertama dan kedua, disunahkan membaca surah atau ayat Al-Qur‘an. Sebelum memahami dan mengerti tentang surah atau ayat yang panjang dalam Al-Qur‘an, sebaiknya kamu membaca surah atau ayat yang pendek, seperti surah al-Kafirun, al-Ikhlas, al-Asr, an-Nasr, dan sebagainya.

5. Rukuk

Setelah selesai membaca surah al-Fatihah dan surah atau ayat Al-Qur’an, kemudian mengangkat kedua tangan sejajar telinga sambil membaca Allahu akbar. Kemudian kedua tangan memegang lutut sambil ditekankan hingga antara punggung dan kepala sejajar. Setelah sempurna rukuknya, lalu membaca tasbih tiga kali. Perhatikan bacaan tasbih berikut ini.

"Subhana rabbiyal ‘azimi wabihamdih 3x = Mahasuci Allah Yang Maha Agung dan Memujilah Aku kepada-Nya"

6. Iktidal

Setelah rukuk, kemudian bangkit tegak dengan mengangkat kedua tangan sejajar telinga sambil membaca bacaan berikut.

"Sami’allahu liman hamidah" = Allah Mendengar orang-orang yang memuji-Nya

Kemudian saat berdiri tegak dilanjutkan membaca doa iktidal, seperti berikut ini.

"Rabbana lakal hamdu mil’us samawati wa mil
‘ulardi wa mil ‘umasyi’ta min syai’in ba’du." = Wahai Tuhan kami hanya untuk-Mu lah segala puji sepenuh lagit dan Bumi dan sepenuh barang yang Engkau kehendaki sesudahnya.

7. Sujud

gerakan iktidal Setelah iktidal, diteruskan sujud dengan meletakkan dahi pada tempat sujud sambil membaca doa sujud seperti berikut ini.

"Subhana rabbiyal a‘la wa bihamdih" = Mahasuci Allah yang Maha Tinggi dan Memujilah aku Kepada-Nya

8.Duduk di Antara Dua Sujud

Setelah sujud pertama kemudian duduk di antara dua sujud sambil membaca doa sebagai berikut.
"Rabbighfirli warhamni wajburni warfa’ni warzuqni
wahdini wa’afini wa’fu ‘anni" = Ya Tuhanku, Ampunilah aku, kasihanilah aku, cukupkanlah (kekurangan) ku, andkatlah derajatku, beri aku rezeki, beri aku petunjuk, berikanlah aku kesehatan dan maafkanlah kesalahanku"

9. Tasyahhud

Tasyahhud ada dua, yaitu tasyahhud awal dan tasyahhud akhir. Ketika tasyahhud awal, kamu harus membaca doa seperti berikut.

"Attahiyyatul mubarakaatus salawatut tayyibatu lillah. Assalamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullahi wabarakatuh. Assalamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahis salihin. Asyhadu alla ilaha illallah. Wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma salli ‘ala sayyidina muhammad" artinya : Segala kehortmatan, keberkahan, rahmat dan kebaikan adalah milik Allah. semoga keselamatan, rahmat dan berkah-Nya tetap tercurahkan atas-Mu, wahai Nabi. Semoga keselamatan (tetap terlimpahkan) atas kami dan hamba-hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Limpahkan rahmat kepada penghulu kami Nabi Muhammad.

Ketika tasyahhud akhir, bacaannya adalah sama dengan bacaan tasyahhud awal, tetapi ditambah dengan bacaan seperti berikut.

"Kama sallaita ‘ala sayyidina ibrahim wa ‘ala ali sayyidina ibrahim. Wa barik ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala ali sayyidina Muhammad Kama barakta ‘ala sayyidina ibrahim wa ‘ala ali sayyidina ibrahim Fil ‘alamina innaka hamidum majid" Artinya : sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada penghulu kami Nabi Ibrahim dan Keluarganya dan limpahkanlah berlah kepada penghulu kami Nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau limpahkan berkah kepada penghulu kami Nabi Ibrahim dan keluarganya. sesungguhnya di alam semesta ini Engkau maha terpuji lagi maha mulia, wahai Zat yang menggerakkan hati tetapkanlah hatiku pada agama-Mu.


10. Salam

Setelah selesai bacaan tasyahhud akhir, kemudian mengucapkan salam dengan menoleh ke sebelah kanan dan sebelah kiri sambil membaca bacaan salam seperti berikut

"Assalamu ‘alaikum warahmatullahi"

Setelah gerakan salam maka selesailah shalat kita dan sempurnalah Bacaan dan Gerakan dalam Shalat . Setelah shalat kita berdoa dan berzikir kepada Allah.

 
© Copyright 2013 Panduan Shalat Lengkap